2 Agustus 2015

TIPS Pesan tiket Pesawat Tanpa Bantuan Agen Serta Memenagkan Perebutan Tiket

Tips ini saya buat berdasarkan keluhan para pemesan tiket salah satu maskapai diindonesia yang menjual tiket lebih dari jumlah kursi yang tersedia, saya sangat kasihan ketika penumpang sudah datang ke bandara, sesampai di bandara di beritaukan bahwa tiket hangus,ada yg di beritahukan tiket tidak berlaku,dll,miris saya mendengar itu, karna mereka kehilangan uang tidak sedikit,waktu juga sedikit,apalagi jika ada saudara atau orang tua meninggal di kapung halaman,ketika akan berangkat,tiket tidak berlaku,untuk mengatasi hal tersebut,saya akan memberikan tips yang harus anda lakukan agar anda tidak dikecewakan oleh maskapai serta mempunyai bukti untuk komplain


Tips dan saran saya kepada para pembeli tiket pesawat sendiri.tidak melalui agen
1.Anda harus sudah mempersiapkan sejumlah uang yg ada di rekening anda berkisar lebih dari cukup untuk pembelian tiket
2.Anda harus siapkan seperangkat komputer/laptop serta koneksi internet.siapkan kartu atm anda serta siapkan EDC/jika tidak ada.disarankan anda tidak jauh dari mesin ATM dan jangan lupa handphone untuk konfirmasi pemesanan anda nanti di maskapai
3.Jeli lah sesering mungkin merefresh halaman /situs resmi maskapai yg akan anda naiki
4.Buka juga website traveloka.com karna website ini yang nanti anda akan pesan tiket.karna harga disini sering lebih murah dari maskapai resmi berkisar antara 100-300 ribu
5.Saat anda sudah menemukan tiket yg anda butuhkan,segera pesan,tunggu sekitar 2 menit untuk diberikan no rekening,lalu anda langsung bayarkan sesuai nominal tersebut,setelah bayar,anda  langsung juga konfirmasi pembayaran,diusahakan jarak antara bayar dan konfirmasi tidak lebih dari 5 menit.
6.Setelah selesai, segera ke website maskapai untuk web chek in, agar nama anda segera masuk ke daftar penumpang yg akan berangkat di hari yg telah anda pesan.
7.Ini bertujuan memastikan kode boking anda dan nama anda cocok.dari customer service maskapai tersebut, agar anda punya bukti ketika nanti anda komplain
8.Setelah mendapatkan tiket, anda disarankan konfirmasi lagi sehari sebelum keberangkatan,memastikan lagi bahwa kode boking anda masih atas nama anda
9.Setelah semua pasti, anda bisa menikmati penerbangan anda

Tips ini akan berlaku disaat arus mudik lebaran, taun ajaran baru,hari masuk kerja pegawai negeri,karyawan BUMN, dan lain lain, pada intinya ketika banyak orang membeli tiket pesawat. Saat itu juga tips ini sangat berguna.


Selamat jalan nenek

Hari kamis tanggal 30 juli 2015 seperti biasa di pagi hari saya bersiap siap berangkat ke kantor untuk mencari rezeki dan pahala, dihari itu tidak ada kejanggalan sedikitpun, pagi itu saya membuat jadwal untuk keliling kabupaten bantul, melihat beroperasinya mesin teller automatic. Dimulai dari mesin yang ada di polres bantul, menuju ke kantor pajak pratama, lalu ke SPBU pandak, lalu menuju pajangan tepatnya di samping batik bu dirjo,lalu ke SPBU pucung, lanjut ke SPBU sedayu dan terakhir di Indoma** jl wates km 4,5. Saat itu pukul 11.30.karna sudah selesai bertugas, saya beristirahat menunggu tepat pukul 12.menurut rencana akan makan siang di sekitar, ketika sedang istirahat, handphone saya berdering dengan panggilan masuk dari mama, tanpa curiga saya angkat lalu mama mengabarkan bahwa nenek sudah meninggal pukul 10.00, saya di sarankan pulang ke rumah dengan segera,akhirnya saya kembali ke kantor untuk melaporkan tugas saya dan memohon ijin untuk pulang.ketika hendak pulang,saya mendapat kabar lagi bahwa papa meminta tolong carikan tiket untuk pulang ke jawa.minta dicarikan hari itu juga atau besok paginya.


Dalam hati saya, biasanya tiket pesawat dengan pemesanan di hari itu juga pasti sudah habis dan dipagi harinya juga pasti habis.apalagi bersamaan dengan kembalinya mahasiswa perantauan yang akan masuk di bulan agustus,dan arus balik lebaran.dan benar saja,tiket dari pekan baru ke jogja full hingga tanggal 2, pekan baru ke jakarta, ke bandung,ke solo,ke semarang semua full.hanya tersisa tiket pekan baru ke surabaya.dengan kebutuhan yang mendesak dan harus terbang saat itu juga, saya akhirnya pesan tiket tersebut.setelah semua terpesan dan terbayar, saya chek in via website agar ketika tiba di bandara.proses untuk masuk ke pesawat cepat.setelah semua selesai.saya konformasi ke maskapai tersebut.memastikan tiket saya sudah terdaftar di sana,dan alangkah terkejutnya saya,ketika pihak maskapai mengatakan bahwa kode boking saya sudah digunakan oleh orang lain.saya akhirnya konfirmasi ke agen penyedia pembelian untuk komplain masalah tersebut.daya saya di suruh menunggu 1 x 24 jam.padahal saya belum melakukan pembelian tiket transit dari surabaya ke jogjakarta, setelah menenangkan fikiran, saya putuskan untuk memesan tiket juga dari surabaya ke jogjakarta sambil menunggu konfirmasi tiket yang pertama.karna dalam hati saya,saya yakin saya akan menang karna saya sudah membayar, saya sudah chek in.jika maskapai jeli untuk cek website resmi mereka, maka disitu sudah ada nama penumpang yang sudah saya chek in kan.akhirnya saya mendapatkan tiket dari surabaya ke jogjakarta di jam 15:30-16.10. Jarak antara kedatangan di surabaya ke pemberangkatan dari surabaya sekitar 5 jam.cukup untuk menikmati kota surabaya.setelah satu jam akhirnya saya dikonfirmasi bahwa tiket saya memang sudah terbayar dan sudah chek in.alhamdulillah akhirnya satu tiket sudah selesai.untuk tiket selanjutnya saya juga konfirmasi.dan kode boking sudah benar atas nama yang saya daftarkan.

4 Juli 2015

Kartu Kredit Lawan atau kawan ?

Beberapa minggu lalu banyak para teman saya ketika berbicara mengenai kartu kredit pasti di pandang negatif tapi ada juga yg positif, ada yg memang belum pernah mendengar apa itu kartu kredit,hanya pernah melihat di TV swasta yg konotasinya selalu negatif, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, saya akan bahas sejauh yang saya tau apa itu kartu kredit serta kegunaannya

Perlu diketahui dari awal, kartu kredit adalah kartu utang, bukan kartu penghasilan, jadi kartu kredit yaitu kartu dimana kita bisa ngutang dulu ke bank penerbit kartu kredit / minta bayarin dulu oleh bank. Contoh anda belanja 5juta di departement store menggunakan kartu kredit. Maka pihak bank akan menalangi dulu belanjaan anda dengan catatan nanti suatu saat anda akan membayar utang anda ke bank. Kenapa suatu saat ? Karna anda bisa nyicil minimal 10% per bulan. Menarik bukan?

Tunggu dulu, anda harus ingat, semakin lama anda membayar utang anda, semakin besar bunga yg akan di kenakan, banyak yg belum tau berapa bunga kartu kredit, bunga kartu kredit sekitar 2,9-3,5 % per bulan, jika setahun kalikan saja 12. Besar kan?
Itu sebab banyak orang yg tidak pandai memanagement waktu kartu kreditnya.akhirnya terjebak utang hingga dikejar kejar debt collector.

Lantas bagaimana cara agar anda tidak terjebak dengan kartu kredit?
Ketika anda apply kartu kredit, pihak bank tidak mengajari anda bagaimana mengatur kartu kredit, anda harus tau ketika anda nanti akan mengalami sendiri.
Beberapa point ini nanti bisa menjadi acuan anda agar tidak terjebak kartu kredit
1.gunakan kartu kredit sebagai mengganti uang yg tertinggal / tidak dibawa.bukan pengganti uang yg gak dimiliki
2.Gunakan hanya dan hanya jika anda benar benar di posisi mendesak
3.Boleh diGunakan untuk mendapatkan diskon belanja jika anda memiliki debet di bank.
4.Gunakan sehari setelah tanggal cetak dan bayar lunas sebelum jatuh tempo (maksimal 2 Bulan) agar bunga anda tidak banyak
5.Maksimal anda memiliki kartu kredit tidak boleh lebih dari 3 kartu
6.Kartu kredit adalah alat bayar bukan kartu hutang
7.Jika anda ingin mencicil utang anda, disarankan jangan lebih dari 6 bulan
8.Tentukan tujuan utama anda memiliki kartu kredit
9.Pahami dengan betul cara menghitung bunga, tanggal jatuh tempo & tanggal tagihannya

10.Yg lain saya lanjutkan ke sesi yg lain