17 September 2015

Rasanya begini Jadi kepala keluarga

Hari Jumat tanggal 11 september kemaren saya resmi keluar dari kartu keluarga orang tua di riau, karna banyak alasan lain yg mewajibkan saya dengan pasti harus membuat kartu keluarga sendiri,karna saya belum bisa untuk cuti pulang ke riau,maka saya minta tolong orang tua untuk menguruskan prosedurnya,rinciannya kurang lebih sebagai berikut

1.datang ke RT setempat untuk meminta surat pengantar pencabutan anggota keluarga
2.datang ke RW membawa surat dari RT,disini hanya meminta Cap saja
3.datang ke kepala desa untuk meminta surat pengantar ke kecamatan plus cap
4.datang ke kecamatan untuk meminta cap serta surat ke dinas penduduk&pencatatan sipil kab rokan hulu
5.datang ke disdukcapil untuk merubah kartu keluarga serta mencabut salah satu anggota,
Nanti akan dibuatkan surat pengatar  ke disdukcapil tujuan dan data diri anggota yg dicabut
Itulah prosedur pertama untuk pencabutan warga,biaya administrasi rata-rata 50rbu-100rbu,ya habis sekitar 300rbu an lah kemaren.setelah berkas lengkap,maka dikirimlah ke daerah tujuan pembuatan kk yg baru

Sesampai berkas ditangan, saya langsung meluncul ke RT tempat saya tinggal,memohon ijin ,menjadi warganya,lalu ke dukuh untuk meminta surat pengantar ke kepala desa,lalu menuju kekepala desa meminta surat pengantar dan cap untuk dibawa ke kecamatan,sesampai dikecamatan,saya harus ke disdukcapil untuk update database, lalu saya ke disdukcapil membawa surat pengantar dari disdukcapil asal saya serta menyerahkan datadiri saya,sete;ah selesai, saya disuruh perekaman data untuk E-KTP,disitu di rekam semua dari mulai jari,mata,dll.setelah selesai dari disdukcapil, saya di sarankan kembali lagi ke kecamatan untuk pencetakan kartu keluarga dan E_KTP, ternyata blangko untuk E-KTP kosong,saya diberi surat pengantar pengganti E_KTP,dan akhirnya saya mendapat kartu keluarga baru.treeet saya resmi menjadi kepala keluarga tanpa anggota.
Semua prosedur tersebut saya lalui selama 1 minggu dengan biaya keluar hanya 5000, itu dipakai parkir saja.dan akhirnya saya bisa membuat SIM C SIM A NPWP KARTU KREDIT,PASPOR,Surat Bebas Narkoba, SKCK Dan Bisa beli Motor dengan nama sendiri.alhamdulillah
Demikian share saya untuk artikel ini, besok saya update lagi,terima kasih